Minggu, 20 April 2014

Kedisiplinan Dalam Belajar

          Assalamualaikum teman-teman semua saya disini akan sedikit membuat sebuah artikel yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para pembaca khususnya juga untuk saya . Kenapa saya memberikan judul KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR karena menurut saya disiplin itu sangat penting bagi semua orang untuk mencapai kesuksesan yang di inginkan dan disiplin juga sangat bermanfaat untuk kita dan tidak merugikan orang lain juga.
                  Disiplin adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tampa paksaan dari siapa pun dan tepat waktu saat mengerjakan sesuatu.
            Kedisiplinan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Berkualitas atau tidaknya belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor yang paling pokok yaitu kedispilan, disamping faktor lingkungan, baik keluarga, sekolah, kedisiplinan serta bakat siswa itu sendiri.
  • Bentuk-Bentuk Kedisiplinan Belajar

    1)    Disiplin dalam menentukan dan menggunakan cara atau strategi belajar
    2)    Disiplin terhadap pemanfaatan waktu
              a). Cara mengatur waktu belajar.
              b). Pengelompokan waktu.

    Cara yang menurut saya cukup efektif mengenai pengelompokan waktu, adalah sebagai berikut :
    1. Tidur                                         : 8 jam
    2. Makan, mandi, olah raga             : 3 jam
    3. Urusan pribadi dan lain-lain         : 2 jam
    4. Sisanya untuk belajar                  : 11 jam
    Cara-cara dalam pengelompokan waktu tersebut sangat bermanfaat dalam menentukan kegiatannya setiap hari sehingga tidak bayak waktu yang terbuang percuma.
    Kegiatan dalam mengatur waktu membuat kita bisa lebih disiplin dalam menjalankan sebuah kegiatan terutama kegiatan belajar. Kita tahu bahwa belajar akan membuat pengetahuan kita bertambah dan membuat kita menjadi lebih pintar dan cerdas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar