Kamis, 05 Juni 2014

Komputasi dan Parallel Processing

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan pemrosesan paralel (Parallel Processing) adalah sebuah proses yang menggunakan lebih dari satu CPU (Computer Processing Unit).
Tujuan dari pemorosan paralel adalah untuk menjalankan sebuah program secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Parallel processing disebut juga parallel computing.
Dengan adanya hal ini, program-program yang ada berjalan lebih cepat. Namun dalam kenyataannya, seringkali terjadi kesulitan dalam membagi program-program yang ada. Ini membuat CPU akan mengeksekusi program tersebut berbeda-beda tanpa berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Proses ini membutuhkan, sebagai berikut yang ada dibawah ini:
·         Algoritma
·         Bahasa pemrograman
·         Compiler
Untuk dapat menggunakan proses ini, terdapat beberapa konfigurasi yang harus dilakukan yaitu:
  •       Pengaturan hardware dengan sistem shared memory.
  •       Pengaturan processor yang memiliki memory masing-masing.

·      Pengaturan beberapa atau banyak processor yang terhubung ke dalam suatu jaringan untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan cara simultan yaitu bersama-sama.
Dalam parallel processing, aspek keamanan merupakan suatu aspek yang sangat penting. Hal ini dikarenakan didalam sistem akan banyak berkaitan dengan akses data, hak pengguna, keamanan data, keamanan jaringan terhadap peyerangan seseorang atau bahkan virus sehingga akan menghambat kinerja dari sistem komputasi ini.
Implementasi yang dapat dilakukan adalah dengan PC (Personal Computer) Cluster dengan menggunakan 1 buah master node dan 7 buah slave node, dimana sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan switch hub 1 Gbps sebagai konsentrator dan dengan menerapkan aspek keamanan.
Setelah ditemukannya teknik parallel processing, komputasi pun berkembang ke sebuah proses komputasi baru yaitu proses komputasi paralel.
        Paralel komputasi adalah melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan.
Dalam kata lain adalah sebagai sebuah proses untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang memerlukan infrastuktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer dengan pemrosesan secara paralel dan dihubungkan melalui sebuah jaringan. Dalam hal ini, parallel processing merupakan salah satu upaya untuk mempercepat proses komputasi dalam memecahkan suatu permasalahan dengan cara membagai-bagi
permasalahan menjadi bagian yang lebih kecil.
Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi. Salah satu contohnya adalah Message Parsing Interface (MPI).
Berikut ini adalah gambar perbedaan antara komputasi tunggal dengan paralel komputasi:
a.   Komputasi Tunggal/serial
b.   Komputasi Parallel
Sumber:
http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing
Komentar:
Dari artikel diatas terdapat kekurangan yaitu kurang menjelaskan apa itu komputasi dan apa hubungannya dengan parallel prosessing

Kelebihan: Penjelasan parallel prosessing sudah cukup baik dan saya pribadi bisa mengetahui kelebihan dari parallel prosesing yaitu parallel processing dapat menjalankan sebuah program secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan performa komputasi.
Hubungan antara Komputasi Modern dengan Paralel Processing
        Hubungan antara komputasi modern dan parallel processing sangat berkaitan, karena penggunaan komputer saat ini atau komputasi dianggap lebih cepat dibandingkan dengan penyelesaian masalah secara manual. Dengan begitu peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, dan salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja computer semakin cepat.
Kinerja komputasi dengan menggunakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dari pada menggunakan satu komputer saja. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya.
Tetapi ini untuk masalah yang besar saja, komputasi yang masalah kecil, lebih murah menggunakan satu CPU saja.
sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar